Peringati Lustrum XIV, De Britto Gelorakan Semangat “Harmoni dalam keberagaman”

JOGJA, tiras.co – “Harmoni dalam Keberagaman”. Itulah tema Lustrum XIV SMA Kolese de Britto. Tema ini diambil sebagai bentuk harapan agar dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan nilai-nilai kebangsaan yang merosot karena radikalisme yang sedang menimpa negara kita saat ini.

Sejumlah rangkaian acara akan mewarnai Lustrum XIV, dimulai 4 Februari 2018 bertepatan dengan pesta nama Santo Pelindung, Yohanes de Britto, hingga berpuncak pada 19 Agustus 2018, saat sekolah khusus pria ini menapak usia di tahun yang ke-70.

“Sabtu besok (3 Februari 2018) Logo Lustrum XIV akan kita arakan dan kemudian dilanjutkan dengan Misa Syukur di aula sekolah. Pemenang lomba logo juga akan menerangkan makna logo lustrum ini,” ujar Heri Istianto, Ketua Umum Lustrum XIV de Britto, Jumat (2 Februari 2018).

Sesuai tema yang diambil, lanjut Heri, maka rangkaian kegiatan dalam lustrum akan menitikberatkan pada harmoni dengan sesama, harmoni dengan alam dan harmoni dengan Tuhan. “Kita ingin membangkitkan kembali semangat keberagaman, semangat kebersamaan, semangat hidup berdampingan dengan orang-lain, menghargai perbedaan, kemajemukan, Bhinneka Tunggal Ika, menuju persatuan Indonesia. Harmoni dalam keberagaman ini, akan melahirkan sebuah kedamaian.”

Adapun rangkaian kegiatan lustrum antara lain, pengobatan massal dan donor darah, pembagian bibit tanaman buah, seminar nasional oleh alumni, lomba video lagu daerah, pagelaran wayang kulit, fun run, napak tilas, reuni akbar, kenduri bersama warga sekitar, dan acara puncak peringatan Lustrum XIV ditutup dengan launching buku “Riwayat Santo Yohanes de Britto” dan Misa Syukur pada hari Minggu, 19 Agustus 2018.

Soni de Rosari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *